TINGKAT KESIAPAN MASYARAKAT KOTA YOGYAKARTA TERHADAP TEKNOLOGI DALAM LAYANAN PEMERINTAH BERBASIS ELEKTRONIK

Main Article Content

Amalia Yuli Astuti
Nisrina Nafi'atul Huda

Abstract

Peran teknologi pada masyarakat dapat memberikan manfaat yang besar. Teknologi berfungsi sebagai enabler untuk setiap proses dalam berbagai bidang terutama untuk layanan publik. Bila teknologi yang dikembangkan sesuai kebutuhan dan digunakan maka dapat memberikan banyak manfaat. Kemudahan dan manfaat teknologi dirasakan cukup besar untuk masyarakat saat ini. Namun, kesiapan dari masyarakat terhadap teknologi masih belum mencapai harapan dari instalasi teknologi tersebut. Sehingga masih ditemukan tingkat keberhasilan yang cukup rendah dari teknologi pada berbagai organisasi, di mana dalam perancangan dan pemeliharaan teknologi tersebut dibutuhkan pendanaan yang cukup besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan masyarakat kota Yogyakarta terhadap teknologi dan mengklasifikasikan masyarakat pada lima jenis kelompok dalam kesiapan teknologi. 


Penelitian ini mengklasifikasikan dan memetakan tingkat kesiapan masyarakat menggunakan analisis klaster dan pohon keputusan. Data yang digunakan adalah mengenai demografi, penggunaan teknologi dengan smartphone, dan item pertanyaan Technology Readiness Index (TRI) di tiga kecamatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah k-means clustering dan pohon keputusan. Pengolahan data penelitian menggunakan software SPSS versi 21 dan RStudio versi 3.5.


Penelitian ini menghasilkan tiga kelompok terhadap kesiapan teknologi di kota Yogyakarta dan karakteristik dari kelompok yang siap terhadap teknologi. Kelompok tersebut adalah pionir, skeptis, dan lamban. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dan khususnya pada pengelola teknologi layanan publik berbasis teknologi di Pemkot Yogyakarta dalam mengevaluasi teknologi pada layanan publik.


 

Article Details

Section
Articles