PEMANFAATAN TEKNOLOGI 3D UNTUK SITUS WEB PENJUALAN PRODUK UMKM

Main Article Content

Mursid W. Hananto
Heris Susilo Pambudi
Sofian Nur Ahmad

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat para pemilik UMKM mengalami penurunan pendapatan drastis karena jumlah calon pembeli yang datang ke lokasi UMKM juga menurun. Penggunaan media sosial dan situs marketplace kurang dapat memvisualisasikan produk yang mereka tawarkan sehingga calon pembeli kurang tertarik. Penelitian ini bertujuan membangun sebuah situs web promosi produk UMKM yang memanfaatkan teknologi Web3D agar dapat memberikan kesan yang lebih kuat ke calon pembeli pada produk yang dicermati melalui teknik visualisasi inovatif meniru gaya interaksi di dunia nyata meskipun tidak melihat langsung secara fisik, sehingga meningkatkan kemungkinan untuk menjadi transaksi pemesanan produk. Eksperimen pengembangan dengan mitra yaitu Manggar Natural dilakukan menggunakan metode prototyping evolusioner agar situs dapat cepat diperoleh dengan informasi dasar yang minimal dari calon pengguna. Aset model 3D tidak dibangun menggunakan aplikasi permodelan 3D melainkan memanfaatkan scanner 3D. Situs hasil pengembangan yang menggunakan framework X3DOM diuji dengan Beta test, kemudian dihitung menggunakan skala Likert untuk melihat tingkat penerimaan para calon pengguna. Hasil perhitungan menunjukkan kelompok pengunjung memunculkan sikap penerimaan Sangat Positif, sedangkan dari kelompok pengelola memunculkan sikap penerimaan Positif. Dapat disimpulkan bahwa secara umum pengguna merasa tertarik dengan cara visualisasi produk yang unik dan membuat mereka merasa mendapatkan pengalaman baru, sehingga menjadi antusias untuk mencermati produk lebih lanjut.

Article Details

Section
Articles